Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim tidak ada sikap maupun niat Anies Baswedan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024 untuk saat ini.

Ia mengatakan dirinya bersama Anies hingga kini masih fokus dalam sengketa Pilpres yang berproses di Mahkamah Konstitusi. Diketahui, Imin adalah cawapres Anies dalam Pilpres 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Mas Anies dan saya masih konsentrasi pada menunggu keputusan MK, jadi tidak ada satu sikap atau satu niat dari Mas Anies untuk maju di Pilkada karena detik ini tidak terlintas pun untuk maju pilkada, karena kita masih harus melalui proses pilpres sampai tuntas,” kata Imin di rumah dinasnya di Jakarta Selatan, Sabtu (20/4).

PKB telah resmi membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk mengikuti Pilkada serentak sejak hari ini, Sabtu.

Di berbagai provinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Timur hingga Jawa Barat, Imin belum bisa memastikan siapa tokoh yang bakal diusung PKB.

Imin mengatakan PKB hingga kini menunggu siapa saja yang mendaftar untuk nantinya dilakukan uji publik.

“Kita libatkan tokoh-tokoh untuk melakukan uji publik dan kita beri keleluasaan tokoh-tokoh untuk menentukan. Jadi penentuannya nanti bukan hanya semata-mata ditentukan oleh PKB. Tapi betul-betul ditentukan oleh harapan masyarakat pada umumnya,” kata Imin.

Imin mengatakan PKB tidak terpaku pada kader sendiri. Pihak dari luar PKB yang memiliki kapasitas dan kemampuan berkemungkinan diusung.

“Kami tidak melihat lagi kalau kader tapi kualitasnya rendah juga tidak akan kita terima, tapi kalau dari luar kualitasnya bagus, pasti insyallah kami usung,” katanya.

Pemungutan suara Pilkada 2024 akan dihelat pada November 2024 secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta.

Nama eks Gubernur Jakarta Anies Baswedan mencuat dalam bursa calon gubernur.

Baru-baru ini, Ketua DPP NasDem Willy Aditya menyebut ketua umum partainya Surya Paloh sudah mempersilakan Anies Baswedan jika ingin maju lagi di Pilkada,

“18 Maret Pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu enggak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju Pilkada monggo NasDem siap,” kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Senin (15/4).

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *