Jakarta, CNN Indonesia

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menghadiri langsung acara penetapan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4) lusa.

“Iya Pak Prabowo akan datang langsung diundang oleh KPU untuk menerima keputusan resmi terkait dengan penetapan beliau sebagai presiden terpilih,” kata Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak di Kertanegara IV, Jakarta, Senin (22/4).

Dahnil menuturkan Prabowo akan menyampaikan pernyataan resminya di acara tersebut nanti. Ia berkata Menhan RI itu mengikuti dengan seksama keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal PHPU pada hari ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum itu, Dahnil menyampaikan Prabowo akan menggelar pertemuan dengan jajaran tim hukumnya esok hari.

“Besok paling beliau akan bicara dengan teman-teman para tim hukum, besok. Hari Rabu beliau baru akan menyampaikan statement resmi,” ucap dia.

KPU dijadwalkan akan menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4) mendatang.

Penetapan itu dilakukan setelah MK menolak permohonan gugatan perkara hasil sengketa Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Hasyim menyatakan dengan putusan itu, maka Surat Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Nasional tetap berlaku. Hasil pemungutan suara nasional tetap dipakai.

“Maka tahapan berikutnya untuk Pilpres adalah penetapan paslon presiden dan wakil presiden terpilih pemilu 2024 yang diagendakan KPU akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 24 April 2024 Jam 10.00 WIB dilaksanakan di kantor KPU,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Gedung MK, Jakarta, Senin (22/4).

Adapun Prabowo-Gibran menang pilpres satu putaran usai unggul di 36 provinsi. Paslon nomor urut 2 itu meraup 96,2 juta suara atau 58,6 persen suara sah nasional.

Sementara, Anies-Muhaimin meraih 40,9 juta suara (24,9 persen) dan Ganjar-Mahfud mendapatkan 27 juta suara atau sebesar 16,5 persen.

(mnf/wis)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *