Bogor, CNN Indonesia

Bicara perkembangan peradaban Islam di Kota Bogor, Jawa Barat, tak bisa lepas dari keberadaan Masjid Al-Mustofa yang berada di Jalan Ciremai Ujung Kaum, Bantarjati Kaum, Kecamatan Bogor Utara.

Pasalnya, masjid tersebut merupakan salah satu yang tertua di Bogor. Masjid ini didirikan pada 1728–demikian informasi yang tertera di papan informasi depan rumah ibadah tersebut–atau sudah hampir berusia tiga abad.

Salah satu bukti nyata peninggalan sejarah dari masjid ini adalah peninggalan Alquran yang ditulis langsung oleh salah satu pendirinya, Tubagus Haji Mustofa Al Bakri, lebih dari dua abad lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alquran tersebut saat ini bisa dilihat secara langsung di dalam masjid tersebut, dan diletakkan pada kotak kaca guna menjaga kelestariannya.

Selain itu, tradisi turun temurun–termasuk dalam menyambut dan selama bulan Ramadan–juga masih dilestarikan di tempat tersebut.

Ketua DKM Masjid Al Mustofa Bogor, Ustaz Kusnadi mengatakan tempat tersebut selalu kegiatan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan. Salah satu kegiatan yang menjadi tradisi pascasalat tarawih berjemaah.

“Tradisi tarawih di mana-mana sama, tapi di sini keunikannya, di situ setiap sehabis shalat tarawih ada bacaan khusus,” ujar Ustaz Kusnadi kepada CNNIndonesia.com, awal bulan ini.

Bacaan khusus yang dimaksud adalah zikir yang sudah diwariskan turun temurun dari pendiri masjid. Bacaan zikir itu, ujar Kusnadi, tetap didasarkan dari Alquran dan hadist.




Masjid Al-Mustofa adalah salah satu masjid tertua di Kota Bogor, difoto Minggu (3/3). Masjid yang ebrada di Bantarjati Kaum, Bogor Utara ini dibangun 1728. (CNNIndonesia/Cesar Sanabil)Ketua DKM Masjid Al Mustofa Kota Bogor, Ustaz Kusnadi. (CNN Indonesia/Cesar Sanabil Pasya)

Masjid yang berdiri pada 2 Ramadan itu ditetapkan Pemkot Bogor sebagai cagar budaya pada 2011 silam. Selain itu peninggalan masa lalu yang bersejarah pun ada pula di masjid ini yakni alquran dan buku khotbah Salat Jumat yang ditulis tangan oleh Tubagus Mustofa Bakri.

Alquran ini ditulis pada lembaran kulit. Kedua benda bersejarah tersebut di perkirakan usianya sama dengan usia masjid Al Mustofa.

Mesjid Al-Mustofa dibangun pada sekitar 1728. Di komplek masjid ini terdapat naskah Alquran yang ditulis tangan pendiri masjid ini adalah Tubagus Haji Mustofa Al Bakri. Saat ini bangunan mesjid walaupun telah mengalami renovasi namun sebagian besar elemen bangunan baik struktur dan ornamen masih utuh,” demikian informasi di papan buatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor yang terpampang di bagian depan masjid tersebut.




Masjid Al-Mustofa adalah salah satu masjid tertua di Kota Bogor, difoto Minggu (3/3). Masjid yang ebrada di Bantarjati Kaum, Bogor Utara ini dibangun 1728. (CNNIndonesia/Cesar Sanabil)Koleksi Alquran kuno yang masih dijaga di Masjid Al-Mustofa, Bogor. (CNNIndonesia/Cesar Sanabil)

Baca halaman selanjutnya

Tulisan ini adalah rangkaian dari kisah masjid-masjid kuno di Indonesia yang diterbitkan CNNIndonesia.com pada Ramadan 1445 Hijriah






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *