Makassar, CNN Indonesia

Ribuan pemudik tujuan Surabaya dan Jakarta berangkat menggunakan dua kapal terakhir dari Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan hari ini.

Kedua kapal tersebut yakni, KM Umsini dan KM Ngapulu yang berangkat dari Makassar dengan tujuan ke Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal ini akan kembali ke Pelabuhan Makassar pada tanggal 10 April.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Untuk sementara kapal yang mengangkut pemudik ke Jawa, ini kapal terakhir dan nanti tanggal 10, pas hari raya lebaran kapal dari Jawa kembali lagi ke Makassar,” kata Kepala Bagian Operasi PT Pelni Makassar, Budi Agustian, Sabtu (7/4).

Tak hanya kedua kapal tersebut, sebelumnya KM Tilong Kabila juga telah berangkat lebih dulu dari Pelabuhan Makassar menuju Pulau Jawa.

“Total kapasitas yang diangkut ke Pulau Jawa ke Surabaya dan Jakarta sebanyak 3.111 jiwa,” ujar Budi.

Budi menyebut memasuki H-5 dan H-4 lebaran ini telah terjadi peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar yang didominasi penumpang yang akan mudik ke Pulau Jawa.

“Arus mudik, padat dan lancar, karena di momen-momen tanggal 5-6 ini, intinya antusiasme masyarakat ingin pulang ke Jawa dan Jakarta sana itu sangat signifikan,” katanya.

Budi memperkirakan peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar pada H-4 mengalami kenaikan sebanyak 40 persen. 

“Diperkirakan ada kenaikan sekitar 30 hingga 40 persen dari angkutan penumpang dari Makassar menuju ke arah Jawa,” ungkapnya.

(mir/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *