Jakarta, CNN Indonesia

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan skema untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalur arteri Pantura imbas penerapan one way di ruas Tol Trans Jawa pada arus mudik Lebaran 2024.

“Tentu dengan pemberlakuan one way ini, jalur arteri, Pantura terutama ini akan ada peningkatan arus dari timur kemudian dari barat juga ada peningkatan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan usai pembukaan one way di KM 72 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jumat (5/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aan mengatakan masing-masing Polda telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi luapan arus kendaraan di jalur arteri.

Aan menyebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk memantau kepadatan di jalur arteri. Tujuannya, untuk menentukan rekayasa lalu lintas apa yang bisa diterapkan untuk mengurai kemacetan.

“Dari Jasa Marga juga memasang traffic counting di arteri, ini menjadi panduan kita, mata kita, sehingga ketika terjadi kepadatan di arteri kita akan berlakukan skema-skema yang sudah kita siapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, rekayasa lalu lintas one way resmi berlaku dari KM 72 ruas Jalan Tol Cipali, Jawa Barat sampai KM 414 GT Kalikangkung ruas Jalan Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, mulai pukul 21.45 WIB.

Kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah bisa melintas di seluruh ruas jalan Tol Cipali sampai Kalikangkung. Beberapa mobil polisi lalu lintas memimpin rombongan mobil pemudik.

(dis/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *