Jakarta, CNN Indonesia

Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Saifullah Ma’shum meyakini Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan mengambil ijtihad politik untuk menentukan posisinya nanti usai berakhirnya Pilpres 2024.

Hal ini Saifullah sampaikan merespons adanya wacana Cak Imin maju di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pasti Gus Imin akan mengambil ijtihad politiknya. Biarkan itu diambil dari kejelasan posisi pasca Pilpres 2024. Toh proses di MK juga tidak lama hanya sekitar 14 hari saja,” kata Saifullah dalam keterangan resminya, Kamis (28/3).

Saifullah juga menganggap aspirasi agar Cak Imin maju dalam Pilkada Jatim sebagai hal biasa. Menurutnya, Cak Imin akan mempertimbangkan secara matang pilihan-pilihan politiknya setelah Pilpres 2024.

“Kami yakin Gus Imin punya pertimbangan matang terkait apapun langkah politiknya pasca Pilpres. Beliau adalah politisi senior dengan segudang pengalaman politik sehingga tahu kapan waktu tepat untuk melangkah ke depan,” tambahnya.

Meski begitu, Saifullah meminta jajaran kader dan pengurus PKB untuk tetap fokus kawal gugatan sengketa hasil Pemilu yang diajukan pasangan Anies-Muhaimin di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia menilai gugatan ke MK sebagai upaya menegakkan amanat konstitusi agar Pemilu berjalan jujur dan adil. Menurutnya ikhtiar ini harus dikawal oleh seluruh jajaran pengurus dan kader PKB sebagai pengusung utama pasangan AMIN.

“Sikap Ketua Umum DPP PKB Gus Muhaimin sangat jelas untuk fokus mengawal sengketa Pilpres di MK. Harusnya sikap ini diikuti oleh seluruh jajaran pengurus dan kader PKB untuk bersama mengawal gugatan AMIN di MK,” ujarnya.

Saifullah juga optimistis gugatan ke MK tetap menjaga peluang menang pasangan AMIN. Ia meminta supaya api semangat ini yang harus tetap dijaga oleh kader dan pengurus PKB di semua tingkatan.

“Betapapun kecil api itu harus tetap kita jaga karena sudah seharusnya kader dan pengurus PKB memperjuangkan kemenangan AMIN sampai tetes keringat terakhir ke jalur-jalur konstitusional,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan munculnya aspirasi dari akar rumput PKB yang mendorong Cak Imin maju dalam Pilgub Jatim. Pilkada akan tetap digelar November 2024.

Cak Imin maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres bersama capres Anies Baswedan. Pasangan ini diusung oleh PKB, NasDem dan PKS.

Namun, mereka mengalami kekalahan dari pasangan Prabowo-Gibran berdasarkan hasil rekapitulasi KPU.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *